Friday, February 2, 2018

dampak negatif terlalu banyak makan pada malam hari

 




MATA SINGKAL - Pernahkah kalian merasa tidak tergugah untuk makan selama pagi hingga sore hati, tapi ketika sesampainya di rumah Anda tak bisa berhenti mengunyah makanan pada malam hari? Jika ya, berarti kadar hormon ghrelin dalam tubuh, yaitu hormon yang berperan dalam meningkatkan nafsu makan atau hormon lapar, sedang tidak stabil.

Pada malam hari manusia akan mengalami perubahan hormon yang memengaruhi nafsu makan, sehingga berpotensi membuat Anda makan berlebihan dan pada akhirnya dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Dampak negatif terlalu banyak makan pada malam hari

Makan larut malam atau terlalu banyak makan pada malam hari dapat berakibat buruk pada kesehatan. Bukan hanya karena faktor gizi, tapi juga karena kebiasaan makan ini dapat mengganggu ritme sirkadian (dikenal juga sebagai jam alami tubuh) Anda. 

Kadar trigliserida yang tinggi dikaitkan dengan masalah kesehatan utama seperti diabetes dan penyakit jantung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makan larut malam dapat berpotensi meningkatkan risiko terkena penyakit-penyakit tersebut.

Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa ketika tubuh Anda selaras dengan ritme sirkadiannya, tingkat lapar yang paling rendah adalah pada jam 8 pagi, sedangkan tingkat lapar yang paling tinggi adalah pada jam 8 malam.

Tingkat lapar yang Anda rasakan pada malam hari akan mulai menurun pada pukul 8. Karena itu, akan lebih bijak jika makan Anda berakhir sebelum jam ini. Sumber lain menyarankan agar seseorang “berpuasa” 12 jam di antara waktu terakhir makan dan waktu normal Anda bangun.

Makanan yang dimakan belum bisa tercerna secara sempurna, sehingga dapat menyebabkan gangguan pada fungsi pencernaan, seperti gangguan lambung. Selain itu, makanan yang Anda makan belum sempat "dibakar" menjadi kalori, dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan penumpukan lemak dan berujung pada obesitas.

Jika memang rasa lapar tak terbendung, pastikan bahwa makanan yang Anda konsumsi mempunyai nilai gizi yang cukup dan seimbang. Ganti makanan atau camilan dengan yang lebih sehat, seperti buah berry, yoghurt, biskuit oat,  atau segenggam kacang-kacangan. Anda juga dapat mengambil langkah-langkah pencegahan pencegahan makan berlebihan (overeating) pada malam hari dengan makan lebih awal atau mencari cara untuk mengatasi stres.

No comments:
Write komentar